Tips Berpakaian yang Tepat agar Terlihat Profesional Saat Magang

 

Selalu berperilaku baik serta berpikiran positif merupakan hal yang harus dilakukan oleh siswa saat Ia mulai magang. Cara berpakaian pun harus sesuai dengan ketentuan dari perusahaandan siswa magang wajib mematuhinya. Perlu diingat oleh siswa magang, bahwa magang adalah masa dimana proses pendewasaan akan berlangsung dan dibentuk. Kelihatannya waktu saat magang itu singkat. Akan tetapi, bukan hanya ilmu saja yang kalian dapat, melainkan pula tips bagaimana cara berpakaian yang baik. Penampilan merupakan cerminan dari diri kita masing-masing. Meskipun status kalian adalah anak magang, namun hal sepele tentang cara berpakaian ini jika dihiraukan, bisa berdampak buruk bagi para siswa magang. Anak magang harus bisa menyesuaikan dirinya di tempat yang Ia magangi. Karena, kesan awal dimanapun kalian magang, penampilan adalah sorotan pertama perusahaan.  

 

Bila saat disekolah harus mentaati peraturan sekolah dan harus juga berseragam sesuai jadwal harian, berbeda dengan bekerja/magang. Siswa-siswi magang perlu bertanya dahulu pada kepala perusahaan/karyawan yang bekerja di tempat magang seragam yang bagaimana yang sehari-hari dikenakan. Lalu,  jangan sampai kalian saat magang berpakaian “semau gue” atau berpaikan ala kadarnya, karena bisa membuat kalian sendiri

Suatu perusahaan/industri dalam menjalankan usahanya tentu memiliki kriteria atau karakteristik pegawai untuk memajukan perusahaan/industrinya tersebut.

Hal ini merupakan salah satu aspek yang dijadikan tolak ukur saat kalian magang. Penampilan yang menarik tidak hanya dilihat dari paras yang cantik atau gagah berwibawa, kulit putih dan mulus, ataupun dari segi rambut dan make-up yang digunakan, melainkan dilihat dari cara penampilan dan busana yang rapi, sopan dan tetap menarik.

 

Untuk para siswa, bisa berpakaian menggunakan kemeja/kaos berkerah (agar terlihat sopan) dan bersepatu. Untuk para siswi, yang biasanya berangkat kesekolah tidak berdandan, waktu magang adalah waktu yang tepat untuk mencoba berdandan sebelum berangkat magang.

Tak sedikit para siswi yang kerap bingung saat menentukan pakaian apa yang akan dikenakannya untuk ke tempat industri.

 

Berpakaian magang yang tidak tepat, dapat membuat kalian merasa canggung. Oleh karena itu semakin baik penampilan, maka kalian juga akan semakin percaya diri. Berpakaian dengan rapi dan sopan juga dapat menunjukkan profesionalisme. Beberapa tips dalam berpakaian untuk ke kantor yang perlu diketahui.

 

  1. Jauhi memakai pakaian tidak pas. Pakaian yang kebesaran hanya akan membuat tampilan kalian terlihat buruk, kacau dan berantakan. Sebaliknya, pakaian sempit akan terlihat tidak sopan. Sedangkan untuk celana, jauhi model celana yang berpotongan.  Karena dampaknya akan membuat Anda tidak leluasa dan tidak nyaman dalam bergerak.

 

  1. Jangan sampai kailan mengenakan pakaian yang terlalu seksi dan mini. Kenakanlah baju yang layak untuk dipakai ke kantor. Misalnya jika ingin memakai rok, pilih yang sedikit di atas lutut, jangan terlalu pendek.Kenakan juga blouse yang tidak terlalu ketat serta tidak berbelahan dada terlalu rendah.

 

  1. Jangan memakai deodoran yang berlebihan agar blouse atau kemeja yang kalian kenakan tidak terkena noda kuning deodoran tersebut. Tentu tidak etis dipandang ketika kalian mengangkat tangan, terlihat warna kekuningan di sekitar area ketiak.

 

  1. Bila berniat mengenakan kemeja yang tipis atau transparan, pastikan kalian mengenakan rangkepan. Jangan sampai tali bra atau bra kalian terlihat dengan jelas.

 

  1. Hindari memakai aksesoris yang berlebihan. Misalnya, hanya memakai satu gelang rantai, jam tangan atau satu kalung untuk pelengkap penampilan.

 

  1. Rawat dan jagalah kebersihan kuku agar tetap bersih dan rapi.

 

  1. Jangan menggunakan sepatu yang tidak biasa kalian pakai agar penampilan kalian tetap menunjang.